....UPDATE 09 OKTOBER 2023 ... Alamat : Jl.Rusa III No.98, Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan. Customer Center : ...0819-1793-0487 / Email : plasabunda@gmail.com

BEDA KATUN PANCA DAN POLYESTER



Untuk memahami perbedaan bahan katun dengan polyester, hal ini dapat dilihat dari karakter bahannya. Bahan katun adalah kain yang diolah bahan bakunya dari kapas.  Kita tahu bahwa jenis katun adalah bahan kain yang halus, lembut dan sejuk terasa di kulit kita. Jenis Katun adalah bahan baku yang paling banyak digunakan untuk pembuatan kain sprei dikarenakan beberapa kelebihannya, antara lain :   
  

1.       Bahan lembut dan dingin

2.       Tidak luntur untuk bahan berwarna

3.       Mudah disablon

4.       Menyerap keringat

5.       Tidak berbulu

Namun demikian disamping kelebihan2 tadi, ada beberapa kelemahan bahan katun, seperti :  


1.       Mudah susut setelah dicuci

2.       Mudah kusut bila ada sentuhan

3.       Rusak bila direndam > 2 jam dengan detergen

4.       Rentan terhadap jamur


Oleh karena adanya kelemahan2 tersebut maka para ahli dibidang textile berusaha menghilangkan kelemahan2 katun tersebut dengan pencampuran bahan kain polyester, yaitu jenis kain yang bahan bakunya dari serat sintetis. Dipilihnya bahan polyester tersebut dikarenakan bahan polyester serat sintetis ini dapat menutupi kelemahan bahan katun, dimana serat polyester ini :


1.       Tidak susut jika dicuci

2.       Tidak mudah kusut

3.       Tahan bila direndam dengan detergent2 kimia

4.       Tahan terhadap jamur kain.


Pencampuran kedua bahan ini, katun dan polyester menjadikan bahan kain menjadi lebih baik kualitasnya. Namun harus diingat bahwa bahan polyester dibuat dari serat sintetis sehingga terasa agak panas kainnya. 


Semakin besar komposisi katun dibandingkan polyester maka kualitas bahan menjadi lebih bagus. Sebaliknya semakin kecil komposisi katun dibandingkan polyester, maka semakin kurang nyaman kualitas bahan kain.