....UPDATE 09 OKTOBER 2023 ... Alamat : Jl.Rusa III No.98, Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan. Customer Center : ...0819-1793-0487 / Email : plasabunda@gmail.com

PERBEDAAN KATUN PANCA DAN CATRA



Dilihat dari fhisikmya, kualitas bahan sprei ditentukan dari 2 unsur, yaitu : 


1.      Jenis bahan baku yang digunakan.

2.      Thread Count ( Jumlah benang per inch kain ).


Kain katun panca menggunakan bahan baku campuran yaitu Katun dengan Polyester. Demikian pula dengan katun catra. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah pada kompisisi campurannya. Komposisi katun panca rata2 70% katun dan 30% polyester, sedangkan katun catra rata2 80% katun dan 20% polyester. Oleh karena kandungan katun kain catra lebih besar, maka kualitas bahan sprei catra lebih lembut dan lebih sejuk dibandingkan dengan katun panca. 


Demikian pula mengenai kerapatan benang ( thread Count ), kerapatan benang kain catra ( jumlah benang per inch2 bahan ) lebih besar dibandingkan dengan katun panca, sehingga membuat katun catra lebih halus kainnya. 


Sesuai dengan sifat produksi, semakin baik kualitas bahan semakin tinggi biaya produksinya, hal inilah yang membuat sprei katun catra lebih mahal dibandingkan dengan katun panca.


Pada dasarnya kedua bahan ini sama2 bagus, sama2 tidak panas, sama2 tidak berbulu, sama2 tidak luntur, sama2 nyaman dipakai, hanya saja bahan katun catra lebih halus kainnya. Untuk konsumen yang umum, sebenarnya katun panca sudah cukup baik dan cukup halus, dan juga harga relative tidak mahal.