....UPDATE 09 OKTOBER 2023 ... Alamat : Jl.Rusa III No.98, Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan. Customer Center : ...0819-1793-0487 / Email : plasabunda@gmail.com

JENIS BAHAN SPREI


JENIS BAHAN SPREI 


Sprei setiap hari kita gunakan. Dari 24 jam yang kita punya rata2 6-8 jam kita bersamanya. Dia begitu berpengaruh pada kesegaran tubuh kita. Anda bayangkan bila sprei di rumah terasa keras, kaku, apalagi panas ( tidak sejuk ) pastilah tidak nyaman istirahat kita. Biasanya jenis bahan sprei sangat menentukan kenyamanan istirahat kita. Beberapa jenis bahan sprei yang banyak digunakan di pasaran saat ini, antara lain ;

POLYESTER

Polyester terbuat dari serat sintetis, kainnya agak kasar, coraknya banyak, mudah diatur tidak mudah kusut harganya pun cukup ekonomis. Bahan ini kurang cocok di negara tropis. Bahan ini tidak menyerap keringat.

KATUN VISCOSE ( CVC )

Kain CVC memiliki komposisi 60-70% katun dan sisanya 30-40% bahan viscose atau rayon yang nyaman dan lembut. Bahan viscose biasanya dipakai di kaus, jaket, kemeja dan sebagainya. CVC biasa disebut katun korea. Kainnya lembut, harganya juga tidak mahal dan termasuk kualitas sedang. Kelebihan lainnya tidak mudah kusut.

KATUN LOKAL

Bahan yang umum dipakai untuk seprei dan bed cover. motifnya beraneka ragam , halus dan tidak berbulu, warna relatif awet serta daya serap keringat cukup baik dan harganya pun relatif terjangkau. Di pasaran ada 2 jenis katun lokal yang sering ditemui, yaitu:

1. Katun Panca   

Jenis katun ini buatan lokal. Komposisinya terdiri dari 75% katun dan 25% polyester. Motifnya beragam, terutama motif anak dan klasik. Untuk motif2 penuh agak kaku, dikarenakan warna tebal supaya tidak cepat pudar. Bahannya dingin, lembut, tidak panas, tidak berbulu tidak luntur dan nyaman dipakai.

     Bahan katun panca ini banyak digunakan oleh produsen sprei yang umumnya sudah punya nama di dunia sprei seperti STAR, FORTUNA, NIKITA, DLL.

2. Katun Catra

     Komposisi katun dan polyester berbanding 80% dan 20%. Semakin kecil kandungan polyester makin halus  kainnya. Motifnya terlihat moderen ( minimalis ), beberapa motifnya = versi katun panca. Katun catra warnanya penuh dan kainnya lembut. Bahannya dingin, lembut, tidak panas, tidak berbulu, tidak luntur dan nyaman dipakai

KATUN CHINA

Katun Cina menggunakan komposisi 85-90% katun. Bahan yang mengandung 90% katun akan terasa lebih lembut dan mudah kusut bila dipegang.

KATUN TAIWAN

Seperti halnya Katun Cina, jenis Katun Taiwan juga menggunakan komposisi 90% katun. Katun Taiwan ini lebih lembut dibanding Katun Cina namun masih kalah dibanding Jepang, dan lebih tipis dari katun Jepang.

KATUN JEPANG

Katun Jepang katun 90-95% dengan kualitas terbaik. Permukaanya halus dan lembut, warna lebih awet dan tahan lama serta memiliki daya serap keringat yang bagus. Namun demikian harga Katun Jepang bisanya lebih mahal dibanding jenis katun lainnya. Ciri khusus bahan Katun Jepang bisanya di ujung bahan terdapat tulisan‘Japan Design’ atau terdapat kode warna pada kain tersebut.

KINGKOIL

King Koil adalah nama produsen kasur / tempat tidur yang terkenal di dunia  Dikarenakan umumnya produk2 ranjang kingkoil menggunakan jenis sprei berbahan katun Jaguard ( Katun Eropah ) yaitu katun terbaik dari Eropa, dengan thread count terbaik dan kualitas paling atas dari semua kain jenis katun. Di pasaran bahan kain, Jaquard lebih dikenal dengan King Koil.. Mungkin karena kualitasnya yang sangat bagus, jadi masyarakat sering menyebutnya bahan King Koil. 

KINGKOIL SUTERA

Bahan kain ini merupakan kombinasi antara katun dan sutra. Memilki sifat yang lemas dengan tekstur licin khas sutra serta ciri lain yang khas 1 jenis warna . Nyaman digunakan, halus, tetapi sangat kuat. Campuran sutra membuat bahan ini terlihat elegan dan lembut. Kandungan katun membuat bahan ini kuat dan tahan lama

TENCEL.

Tencel terbuat dari rumput bambu organik. Tidak seperti kapas, Tencel dipintal dari serat bambu malang-melintang membentuk pori-pori mikro yang unik membuat kain menyerap 4x lebih kuat dari bahan katun jepang. Sangat cepat menyerap keringat. Jika Anda mudah berkeringat di malam hari dan sering mengalami gangguan tidur di malam hari maka seprai tempat tidur bambu sutra organik adalah solusi sempurna. Anda akan merasakan perbedaannya.. Bahan lembut seperti kasmir dan sehalus sutra.  

 
Demikianlah secara umum beberapa jenis kain sprei yang saat ini banyak di pasaran. Produk2 sprei yang ada di PlasaBunda ini umumnya menggunakan bahan katun panca ( Star / Nikita / Fortuna, dan sekelasnya, katun catra, dan katun jepang ), disamping itu plasabunda juga menyediakan motif2 dari bahan kingkoil dan tencel